Teknologi

URL Shortener, Cara Persingkat Tautan Langsung di Google Chrome


URL atau alamat situs umumnya panjang dan sulit diingat. Hal ini akan menyulitkan beberapa orang untuk mengaksesnya kembali. Untuk itu, beberapa layanan untuk memendekkan situs bermunculan untuk membantu pengguna.

Umumnya URL Shortener ini digunakan untuk memudahkan pengguna menaruh tautan di sosial media atau platform digital lain. Apalagi beberapa layanan bisa diedit bagian link-nya, sehingga lebih mudah untuk diingat.

Mengenal Ekstensi URL Shortener

Seperti namanya, URL Shortener adalah Add-on yang digunakan untuk memendekan link dari semua alamat situs. Pemendekan ini bisa dilakukan secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu melakukan login ke platform atau situs shortener lainnya.

Saat aplikasi URL Shortener sudah terpasang dengan baik. Anda bisa langsung memanfaatkannya untuk mengubah tautan langsung dari sana. Tidak perlu melakukan copas atau sejenisnya karena URL yang dipakai adalah halaman yang terbuka.

Lihat pula: Emuparadise PS2

Aplikasi ini termasuk yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Hal ini terbukti dari tanggal update aplikasi yang masih Februari 2021. Artinya, aplikasi akan banyak digunakan, apalagi rating yang dimiliki cukup tinggi.

Cara Memasang Add On dan Menggunakannya

URL Shortener sebenarnya tidak memiliki layanan sendiri. Namun, menggabungkan beberapa situs pemendek tautan. Apabila Anda tidak mau repot menggunakan situs itu, cukup pasang Add-on dengan cara di bawah ini:

  • Add-on biasanya cocok dengan versi baru dari browser Chrome. Untuk itu, coba lakukan pembaruan dahulu untuk meminimalkan file tidak bisa dipasang.
  • Add-on ini tersedia di Chrome Web Store. Anda bisa membuka situs itu lalu mencari dengan kata kunci “URL Shortener. Selain itu, pakai tautan ini agar lebih mudah.
  • Klik tombol biru bertuliskan Add to Chrome atau Tambahkan ke Chrome. Sebelum itu, cek deskripsi dari Add-on untuk mengetahui kelebihan dan versi yang tersedia saat itu.
  • Setelah menekan Tambahkan ke Chrome. Klik Add extension.
  • Downloader akan mengunduh file Add-on sampai selesai.
  • Tunggu sampai selesai dan memasang dengan sendirinya.
  • Cek di header apakah sudah ada logo dari URL Shortener atau tidak.

Untuk menggunakan Add-on ini, ikuti langkah di bawah ini:

  • Secara otomatis, Add-on akan aktif dengan sendirinya.
  • Masuk ke dalam halaman yang akan dipendekkan URL-nya.
  • Klik pada ikon URL Shortener.
  • Tunggu beberapa saat, link pendek akan langsung di-generate.
  • Untuk mengubah layanan apakah pakai Tinyurl atau Bitly, masuk ke Setting dan pilih yang sesuai kebutuhan.

Lihat juga: Game GTA untuk Android

Fitur Unggulan URL Shortener

Sebelum memasang Add-on ini ke Google Chrome, ada beberapa fitur unggulan yang bisa Anda gunakan, berikut selengkapnya:

  • Menggunakan layanan beberapa shortener seperti tinyurl.com,  bit.ly, cutt.ly, is.gd, v.gd dan, tny.im.
  • Semua link akan langsung masuk ke clipboard. Jadi, Anda bisa langsung menempelnya ke sosmed atau mungkin media lain agar mudah dilihat.
  • Selain menggunakan URL yang sudah dipendekkan. Dengan menggunakan Add-on ini, Anda bisa mendapatkan QR Code.
  • Semua riwayat dari URL yang sudah dipendekkan akan otomatis tersimpan. Saat Anda membutuhkan lagi, cukup lakukan copas saja.
  • Jika Anda merasa terlalu banyak data pada history, hapus mana saja yang tidak diperlukan lagi.
  • Ingin menggunakan semua link yang sudah dipendekkan sebagai laporan. Anda bisa mengunduh semua data dalam bentuk CSV. Jadi, bisa dibuka pada Sheet atau Microsoft Excel.

Biaya Layanan URL Shortener

Saat ini sebagian besar website untuk memperpendek URL memiliki layanan gratis. Jadi, URL Shortener yang menggunakan layanan itu juga menawarkan fitur unggulan yang gratis. Anda bisa menggunakannya kapan saja dibutuhkan.

Sayangnya, karena layanan ini bersifat gratis, cukup sulit untuk mendapatkan fitur yang cukup unggul dan cocok untuk bisnis. Gunakan saja Add-on ini untuk kebutuhan personal. Misal untuk posting di IG atau medsos lainnya.

URL Shortener akan memudahkan Anda dalam menyingkat aneka tautan dengan mudah. Selain itu, Add-on ini juga bisa difungsikan layaknya library. Jadi, Anda bisa mengecek kembali aneka URL yang sudah dipendekkan.

Selain itu, URL Shortener juga bisa dipakai untuk analytic untuk melihat berapa kali klik pada setiap link. Anda juga bisa menggunakan layanan dari berbagai URL Shortener seperti Bitly sampai tinyurl. Layanan ini bersifat privat, Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya.

Teknologi
Resiko dan Bug dari Aplikasi GB WhatsApp Modifikasi
Kesehatan
5 Aplikasi O2 Meter Terbaik Di Android Untuk Pasien Isoman
Teknologi
Cara Cetak Label Pengiriman di Clodeo [Plus Gambar]
There are currently no comments.