Materi Sekolah

Daftar Sumber Daya Alam Indonesia di Tiap Daerah


Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan sumber daya alam (SDA). Selain keanekaragaman hayati dan sumber daya alam seperti minyak dan gas, Indonesia memiliki sumber daya non hayati seperti mineral dan batuan. Sumber Daya Alam Indonesia memang sangat beraneka ragam. 

Secara umum, sumber daya alam dapat dibagi menjadi dua bagian: sumber daya alam hayati dan non-hayati. Sumber Daya Alam di Indonesia akan dibahas satu-persatu berdasarkan daerah penghasilnya karena setiap daerah memiliki kekayaan sumber daya alam yang berbeda-beda. 

Persebaran Hasil Bumi di Indonesia

  1. Pulau Sumatera

Pulau Sumatera memiliki komoditas yang unggul seperti aneka jenis kayu, teh, cokelat, sawit, kelapa, dan karet. Sumatera juga memiliki hasil bumi yang terkenal yaitu sawit hingga banyak diekspor. 

  1. Pulau Jawa dan Bali

Hasil bumi di Pulau Jawa Jawa dan Bali terdiri kina, tembakau, cokelat, padi, jagung, teh, kayu, dan kapuk. Mayorita padi dan beras yang kita konsumsi kebanyakan berasal dari Jawa dan Bali.

  1. Pulau Kalimantan

Hasil bumi di Pulau Kalimantan terdiri dari kelapa, kayu, karet, dan sawit. Hanya saja sering terjadi kebakaran hutan karena tanah yang dikuasai tanah gambut.

  1. Pulau Sulawesi

Hasil bumi yang paling populer di Pulau Sulawesi yaitu kelapa, rotan, dan jagung termasuk juga ada banyak sumber daya alam galian. 

  1. Kepulauan Maluku

Hasil bumi dari Kepulauan Maluku berupa kelapa, cengkeh, sagu, lada, dan pala membuat pulau ini sering disebut sebagai spice islands.

  1. Papua

Papua memiliki hasil bumi berupa kelapa, sagu, dan berbagai hasil hutan seperti kayu dan juga ada sumber daya alam berupa barang tambang. 

Lihat pula: cara membuat teks observasi

Persebaran Barang Tambang di Indonesia

  1. Pulau Jawa dan Bali

Pulau Jawa dan Bali kaya akan sumber daya alam galian seperti migas, batuan, dan mineral seperti Aspal (Gunung Welirang), Batubara (Tulung Agung, Cilacap, Cilegon), Belerang (Gunung Welirang, Gunung Patuha), Emas (Cikotok), Fosfat (Bojonegoro, Pangandaran), Garam (Madura), Gipsum (Sumbawa, Cirebon), Granit (Yogyakarta, Flores).

Kapur (Jepara, Gobong, Rembang, Purwokerto), Mangan (Kliripan, Sumbawa), Marmer (Yogyakarta, Tulung Agung), Minyak Bumi (Cepu, Majalengka), Pasir Kuarsa (Rembang), Semen (Gresik, Sukabumi), Tembaga (Rembang, Purwokerto, Cikotok, Jepara, Gobong). Inilah Sumber Daya Alam Indonesia yang ada di Daerah Pulau Jawa dan Bali

  1. Pulau Sumatera

Pulau Sumatera kaya akan sumber daya batu bara dan migas yang meliputi Batu Bara (Bukit Asam), Bauksit (Pulau Bintan), Emas dan Perak (Meulaboh, Logas), Garam (Payakumbuh Singkarak), Gas Alam (Arun), Granit (Logas), Marmer (Rejang lebong), Minyak Bumi (Sungai Pakning, Peurela, Sarolangun, Kepulauan Natuna, Tanjung Pura, Dumai, Sungai Gerong, Plaju, Lhokseumawe), Semen (Indarung), Timah (Bangka Belitung).

  1. Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi memiliki banyak aktivitas tektonik dari pegunungan di sana membuat Pulau Sulawesi memiliki sumber daya alam berupa galian seperti Aspal (Pulau Buton), Batubara (Longkana, Lengkabana, Pegunungan Verbeek), Emas & Perak (Bolaang mongondow), Gips (Bolaang mongondow, Toanasa), Kapur (Donggala), Mangan (Bolaang mongondow).

Lihat juga: Contoh Analisis SWOT

Mika (Longkana, Lengkabana, Pegunungan Verbeek), Nikel (Longkana, Pegunungan Verbeek, Tonasa, Lengkabana, Donggala), Pasir Kuarsa (Donggala), Perunggu (Bolaang mongondow), Semen: (Tonasa), Tembaga (Longkana, Pegunungan Verbeek, Sangkarapi, Lengkabana).

  1. Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan dikenal sebagai salah satu pulau dengan hutan hujan tropis yang sangat luas. Selain itu juga memiliki banyak sumber daya alam yang paling unggul yaitu batu bara. Sumber daya alam yang lainnya yaitu Bata Bara (Sungai Berau, Kota Baru), Bauksit (Bontang, Kembatin, Singkawang), Bijih Besi (Pulau Sebuku), Emas & Perak (Bontang), Gas Alam (Bontang), Intan (Martapura, Bontang, Kembatin), Minyak Bumi (Sungai Mahakam, Tarakan), Semen dan Nikel (Laah Kulu).

  1. Papua

Papua juga kaya akan sumber daya alam apalagi adanya tambang emas dan tembaga milik Freeport McMoran. Sumber daya alam yang dapat ditemukan di Papua meliputi Emas (Jayapura Asmat atau Biak Numfor), Marmer (Kiamano), Minyak Bumi (Asmat atau Biak Numfor, Kiamano, Sorong), Nikel (Asmat/Biak Numfor), Semen (Kiamano), Tembaga (Tembagapura).

  1. Kepulauan Maluku dan Pulau Sekitarnya

Sumber Daya Alam Indonesia di Kepulauan Maluku dan pulau disekitarnya dominan dengan sumber daya maritim dan pariwisata namun juga memiliki sumber daya alam galian seperti Nikel (Pulau Halmahera), Mangan (Pulau Halmahera), Minyak Bumi (Pulau Tenggara, Pulau Seram, Pulau Kai).

Credits: Narasi.net

Materi Sekolah
Ini Fakta Menarik Seputar NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
Materi Sekolah
Contoh Paragraf Narasi untuk Topik Kesehatan
Materi Sekolah
Teknik Metode Pengumpulan Data dan Pilihan Aplikasinya
There are currently no comments.