Teknologi

Cara Mengaktifkan Google Asisten Dengan OK Google tanpa Aplikasi Tambahan


Google Assistant merupakan sebuah fitur yang didedikasikan secara default dalam Android yang memiliki fungsi utama sebagai asisten virtual untuk membantuk kita dalam melakukan berbagai tugas. Dengan fitur ini Anda bisa meminta untuk menjawab berbagai pertanyaan dan melakukan berbagai tugas, melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, membuat pengingat, janji temu kalender, hingga petunjuk arah. Cara untuk mengaktifkan fitur Google Asisten sangat mudah yang bisa Anda simak di artikel berikut ini dari DMO.or.id.

Sebelumnya pastikan ponsel Android Anda telah dilengkapi dengan Google Asisten. Jika belum,  Anda wajib memasangnya terlebih dahulu. Persyaratan untuk memasang Google Asisten adalah minimal ponsel harus menjalankan OS Android 5.0 dan aplikasi Google versi 6.13. Jika telah memenuhi persyaratan minimal dan telah memasangnya maka Anda bisa menyetel Asisten Google di Android dengan cara buka Pengaturan > Google > Layanan Akun > Penelusuran, Asisten & Suara > Asisten Google. 

Sementara untuk iPhone atau iPad, Anda dapat mengunduh aplikasi di Apple Store dengan persyaratan minimal iOS 11 atau lebih tinggi. Jika sudah terpasang, buka aplikasi Google Assistant dan ketuk ikon profil Anda di kanan atas dimana Anda dapat meninjau berbagai opsi dan pengaturan.

Cara mengaktifkan fitur Google Asisten

cara mengaktiffkan ok google asisten
cara mengaktiffkan ok google asisten

Tekan dan Tahan tombol Home

Menekan lama tombol Home pada ponsel adalah cara termudah dan tercepat untuk mengaktifkan Asisten Google. Setelah Anda menekan lama tombol Home, Google Asisten akan muncul di bagian bawah layar yang siap untuk mendengarkan perintah suara. Jika Asisten Google dimatikan di perangkat Anda, Anda akan diminta untuk menyalakannya.

 “Hai Google” atau “OK Google” 

Selain menekan lama tombol Home, Google Asisten juga dapat diaktifkan dengan mengucapkan “Hai Google” atau “OK Google”. Namun, opsi ini harus diaktifkan terlebih dahulu di pengaturan Asisten Google agar berfungsi.

Untuk mengaktifkan opsi ini, bukalah aplikasi Google di ponsel Anda > Ketuk Lainnya di kanan bawah >  Buka Pengaturan, lalu ketuk Suara >  Ketuk Voice Match, dan aktifkan Hai Google. Ini juga akan mengaktifkan deteksi OK Google di ponsel Anda. Google akan melakukan penyiapan yang meminta Anda menyetujui Voice Match. Google Asisten juga akan meminta izin untuk menyimpan audio dan menganalisisnya. Setelah penyiapan selesai deteksi Hey Google atau OK Google akan diaktifkan. 

Pintasan Aplikasi

Cukup ketuk ikon Asisten di bilah aplikasi untuk mengaktifkannya. Atau Anda dapat menyeret ikon ke layar beranda ponsel Anda. Google Asisten juga menawarkan beberapa jalan pintas yang dapat dibuka dengan mengetuk dan menahan ikon aplikasi.

Tombol Khusus

Jika Anda menggunakan ponsel seri Pixel 2, 3, 3a, atau 4 dan beberapa ponsel lainnya, Anda dapat mengaktifkan Google Assistant hanya dengan menekan sebuah tombol yang umumunya berada di bagian bawah ponsel. 

Cara Menggunakan Google Asisten untuk Menelepon

Anda cukup memberi tahu Asisten Google bahwa Anda ingin menelepon kontak tertentu di ponsel Anda. Jika Anda menginginkan sebuah panggilan video, buka whatsapp tinggal beri tahu Asisten untuk melakukan panggilan melalui layanan pilihan Anda seperti Zoom atau Google Meet. 

Cara Menggunakan Google Asisten untuk Mengirim Teks

Anda dapat meminta Asisten untuk mengirim SMS kepada seseorang di daftar kontak Anda dan mendiktekan teks melalui Asisten. Setelah selesai, aplikasi akan menanyakan apakah Anda ingin mengirim pesan atau mengubahnya. Asisten kemudian membuka aplikasi perpesanan default agar Anda dapat mengirim teks.

Baca juga: Sound of text whatsapp

Cara Menggunakan Google Asisten untuk Mengatur Pengingat 

Anda juga bisa mengatur sebuah pengingat melalui bantuan Asisten Google hanya dengan mengucapkannya. Aplikasi akan menunjukkan setelan pengingat lengkap dengan wakunya lalu menanyakan apakah Anda ingin menyimpannya. Setelah mengucapkan “Ya”, pengingat akan muncul pada waktu yang dijadwalkan. 

Cara Menggunakan Google Asisten untuk Mendapatkan Arah Jalan 

Anda bisa menggunakan Asisten untuk membuka Google Maps, caranya Anda tinggal mengucapkan kemana Anda ingin pergi lalu Asisten bakal memberi tahu Anda cara terbaik untuk mencapai tujuan Anda dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana. Untuk menampilkan peta rute perjalanan, ketuk tombol Mulai untuk membuka petunjuk arah di Google Maps, Apple Maps, atau Waze.

Teknologi
URL Shortener, Cara Persingkat Tautan Langsung di Google Chrome
Teknologi
4 Merk Printer Populer untuk Usaha Percetakan
Teknologi
Cara Buat Link WA dengan QR Code untuk Chat Otomatis
There are currently no comments.